Rabu, 29 Maret 2017

Menebar Kajian Sunnah:
๐Ÿ“ APAKAH ADA ANJURAN PUASA 7 HARI DI AWAL RAJAB?
Coba perhatikan hadits berikut adalah hadits yang lemah, sehingga tidak bisa dijadikan sandaran dalam mengamalkan puasa Rajab.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ุฅู† ููŠ ุงู„ุฌู†ุฉ ู†ู‡ุฑุง ูŠู‚ุงู„ ู„ู‡ ุฑุฌุจ ุฃุดุฏ ุจูŠุงุถุง ู…ู† ุงู„ู„ุจู† ูˆ ุฃุญู„ู‰ ู…ู† ุงู„ุนุณู„ ู…ู† ุตุงู… ู…ู† ุฑุฌุจ ูŠูˆู…ุง ุณู‚ุงู‡ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุงู„ู†ู‡ุฑ
“Sesungguhnya di surga ada sebuah sungai, namanya sungai Rajab. Airnya lebih putih dari pada salju, lebih manis dari pada madu. Siapa yang puasa sehari di bulan Rajab, maka Allah akan memberinya minum dengan air sungai tersebut.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman, no. 3800, 3: 367. Ibnul Jauzi dalam Al-‘Ilal Al-Muntanahiyah, no. 912 menyatakan bahwa hadits ini TIDAK SHAHIH, di dalamnya ada perawi majhul yang tidak jelas siapa mereka)
Sebagaimana dinukil oleh Sayyid Sabiq dalam Fiqh Sunnah (1: 401), Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata, “Tidak ada dalil yang menunjukkan keutamaan puasa di bulan Rajab atau menjelaskan puasa tertentu di bulan tersebut. Begitu pula tidak ada dalil yang menganjurkan shalat malam secara khusus pada bulan Rajab. Artinya, tidak ada dalil shahih yang bisa jadi pendukung.”
Syaikh Shalih Al-Munajjid hafizhahullah berkata, “Adapun mengkhususkan puasa pada bulan Rajab, maka tidak ada hadits shahih yang menunjukkan keutamaannya atau menunjukkan anjuran puasa saat bulan Rajab. Yang dikerjakan oleh sebagian orang dengan mengkhususkan sebagian hari di bulan Rajab untuk puasa dengan keyakinan bahwa puasa saat itu memiliki keutamaan dari yang lainnya, maka tidak ada dalil yang mendukung hal tersebut.” (Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 75394)
Marilah merujuk pada dalil yang shahih dalam beramal.
---
Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal hafidzahullah
#Rajab #Puasa #Bidah #Sunnah

0 komentar:

Posting Komentar

Radio Dakwah

Kunjungan

Artikel Terbaru

Popular Posts