Senin, 10 November 2014

Wahai para suami bersikap lembutlah pada istrimu, ketahuilah bahwa ketika ia rela meninggalkan rumah tercinta kedua orang tuanya demi dirimu, dan ia meninggalkan untuk berkhidmah pada orang tuanya dan beralih untukmu…
جلسة الاولى
Pertemuan 1 .
1.  Engkau kenali kunci pembuka hatinya, apakah dengan senyumanmu, dengan hadiah, dengan makanan dan minuman atau bahkan dengan sebuah perasaan dan pengertian..
2. Ajaklah ia untuk senantiasa berdiskusi pada urusanmu dan keluargamu, dan jangan kau rendahkan pendapatnya..
3. Hendaknya engkau bersabar dan menahan diri dengan gangguannya, dan bijaksanalah dalam menyikapi kekurangannya…
4. Tidak mengapa engkau menyiapkan kebutuhanmu sendiri, dari pada engkau membangunkannya dan meng-khususkan tugas padanya..
5. Jangan kau caci maki dia, apalagi dengan pukulan atau “hajr” tanpa ada sebab yang jelas dan syar’i.
6.  Jangan kau terus menerus menyebutkan hak-hak mu dihadapannya, serta kewajiban-kewajibannya padamu.
7. Sebagaimana engkau melepaskan bajumu dihadapannya, maka lepaskan pula kebiasaan burukmu ketika engkau bersamanya.
8. Jadikanlah dirimu idamannya, dan selalu lembut dan murah senyum.
9. Berhiaslah untuknya, rapikan dan sisirlah rambutmu serta potonglah kukumu. Lalu hilangkan bau keringatmu dan pakailah minyak wangimu, hilangkan pula bau mulutmu pakailah baju terindahmu.
“SESUNGGUHNYA HATI AKAN DIPERBUDAK OLEH ORANG YANG BERBUAT BAIK UNTUKNYA.. Maka pikatlah seseorang dengan perbuatan baikmu kepadanya ..”
10.  Temanilah ia ketika sakit dan bawalah ia ke dokter, dan sediakan obat untuknya dengan cepat walaupun engkau harus berhutang.
11.  Kenalilah sifat-sifat seorang wanita dan kekhususannya, karena mereka kurang akal dan terkalahkan dengan perasaannya, serta lemah badannya dan jiwanya.
12. Sungguh ia mudah melupakan kebaikan dan mereka seperti tulang yang bengkok, yang jika kau paksakan untuk lurus maka ia akan patah, dan mereka juga mudah menangis dan kalut.
13. Wanita itu tidak begitu menginginkan hubungan intim seperti halnya Pria, akan tetapi ia lebih merasakan dan menginginkan usapan, belaian serta tutur kata yang lembut..
14. Secara keumuman seorang Wanita menyukai pribadi yang kuat dari seorang laki-laki, maka jadilah seperti itu dirumahmu, dan jadilah seorang hakim yang adil.
15. Tahanlah ucapan dan tindakanmu, apabila engkau melihat kesalahan darinya yang tak disengaja dan tiba-tiba.
16. Sungguh indah sekali jika seseorang bersikap bijak ketika istrinya melalaikan tugasnya untuk tetap tenang dan tidak emosi, dan diakhir harinya engkau nasehati dia dengan pelan dan tenang,  lalu mengatakan apa yang dia lakukan telah menyempitkan hatinya. Maka akan engkau dapati dirinya menyesal dan meminta udzur..
17. Apabila engkau hendak mengkritik atas kesalahannya, maka lakukanlah dengan cara yang lembut. Seperti halnya ketika engkau mendapatkan masakan kurang matang, maka katakanlah padanya: “Makanannya enak, tapi jika dimatangkan lagi tentu akan terasa lebih nikmat sebagaimana biasanya”. Maka dengan hal ini, ia tidak akan tersakiti hatinya.
18. Pujilah dia dan angkatlah kedudukannya serta sebutkanlah keindahan dan kekagumanmu pada dirinya, walaupun hal itu kurang dari yang kau harapkan …
19. Tanyakanlah padanya: “Apakah dinda menginginkan sesuatu..?”
20.  Janganlah engkau lupa untuk mengajaknya keluar, walau sekedar untuk hiburan sesekali dalam sebulan.
21.  Janganlah lupa memberikan padanya hadiah, walaupun murah harganya.
22.  Bercengkramalah dan tanyakan kebutuhannya, sebelum engkau menyebutkan kebutuhanmu.
23. Ketika ia berbuat kesalahan terhadapmu dan mengangkat suarannya, maka hendaknya engkau mengingat ucapan Imam Ahmad:“Sungguh ketika aku berbuat maksiat kepada Allah, maka aku dapat melihat akibatnya pada akhlaq istri dan kendaraanku”.
24 . Muliakan dia dihadapan keluarganya dan di depan tamu serta anak-anaknya.
(Sumber: Kitab Rifqon bil Qowariir karya muhammad said murosi.~Alih Bahasa: Abul hasan al wonogiri~Rumah belajar An-Najiyah telaga murni. Pada Senin 22 jumadil ula 1435H di Cikarang)
Semoga kita selalu mendapatkan taufiq dari Allah Ta’ala agar senantiasa kokoh diatas Sunnah. Dan Semoga bermanfaat. Wallaahu a’lam.
_______________________
[Sumber: Pesan ini disebarluaskan oleh BB Da’wah Ahlussunnah | www.forumdakwahahlussunnah.com]

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

Radio Dakwah

Kunjungan

Artikel Terbaru

Popular Posts