Jumat, 25 April 2014

Assalamu’alaikum wr. wb.
Dok, ada yang ingin saya tanyakan. Pada bulan januari ini saya terlambat datang bulan selama dua minggu. Dua minggu sebelum haid saya berhubungan intim, akan tetapi sperma tidak di keluarkan di dalam rahim. Melainkan di luar. Dan sekarang setelah 4 hari saya menstruasi muncul flek coklat seperti darah. Apakah itu berbahaya ? Pinggang saya terasa nyeri pada saat itu.
Apakah saya hamil dok ? Pada saat saya menstruasi kemaren, darah mens saya 2hr banyak dan terdapat gumpalan kecil. Setelah hari tersebut darah mens tidak begitu banyak.
Sebenarnya apa yang terjadi dok ? Apakah berbahaya. Saya tunggu jawabanya. Terima kasih.

Dari Ayu

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Dari keterangan yang Ibu sampaikan, meskipun ada keterlambatan datang bulan, namun jika diiringi oleh menstruasi dengan ciri darah sebagaimana biasanya, maka kemungkinan besar Ibu tidak sedang hamil. Karena keterlambatan haid bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah stres fisik maupun emosional, terlebih jika hubungan sebelum menstruasi tidak dilakukan pada masa subur dan dengan metode koitus interuptus (ejakulasi dikeluarkan diluar saluran reproduksi wanita). Meskipun untuk lebih jelasnya, jika masih ada keraguan, maka Ibu dapat melakukan tes kehamilan mandiri.

Adapun mengenai flek yang keluar 4 hari setelah berhentinya menstruasi tersebut, maka kemungkinannya dapat dikarenakan oleh:

Perubahan kadar dan fluktuasi hormon dalam tubuh sehingga terjadi sedikit pendarahan akibat ketidakstabilan dinding rahim. Kondisi ini cukup sering dialami sebagian wanita dan tidak membahayakan.
Flek dan rasa nyeri yang wajar terjadi saat ovulasi. Hal ini khususnya jika siklus menstruasi Ibu tidak teratur.
Adanya polip, atau mioma pada rahim. Polip atau mioma bisa tanpa gejala sebelumnya, namun bisa juga dicirikan dengan rasa nyeri yang berat saat menjelang dan awal menstruasi.
Adanya infeksi, baik pada leher rahim, vagina, dan sekitarnya. Gejala lainnya bervariasi, mulai dari tanpa gejala sama sekali, hingga nyeri perut, gatal, perih, keputihan dengan atau tanpa bau tak sedap, dll.
Meskipun cenderung tidak berbahaya bagi kesehatan, namun untuk mengetahui penyebab pastinya, kami sarankan Ibu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang Ibu percaya.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

Dijawab oleh dr. Hafidz

http://www.konsultasisyariah.com/fenomena-flek-coklat-pasca-suci-haid/

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

Radio Dakwah

Kunjungan

Artikel Terbaru

Popular Posts